Rangkaian Breadboard Sederhana

 Merangkai Flip - Flop di Bread Board

    Rangkaian Flip - Flop adalah rangkaian gerbang logika sederhana, rangkaian ini mempelajari tentang logika pada transistor, nah logika pada transistor itulah yang kita pelajari, apa yang kita pelajari dari transistor tersebut, yang kita pelajari dari transistor tersebut adalah frekuensinya.

    Mari kita bahas dulu tentang rangkaian flip - flop sebelum kita merangkai.

    Flip-flop adalah suatu jenis rangkaian digital yang dapat menyimpan satu bit informasi. Flip-flop digunakan sebagai elemen memori dasar dalam desain sirkuit digital dan memiliki dua keadaan output yang mungkin: logika 0 (LOW) atau logika 1 (HIGH). Flip-flop digunakan untuk menyimpan dan menggambarkan keadaan memori, dan sering digunakan dalam aplikasi seperti penyimpanan register, penghitung, dan elemen memori lainnya dalam sirkuit digital.

Berikut adalah beberapa jenis flip-flop yang umum digunakan:

1. SR Flip-Flop (Set-Reset Flip-Flop):

Prinsip Kerja: SR flip-flop memiliki dua input utama, yaitu Set (S) dan Reset (R). Keadaan set (S = 1, R = 0) mengatur flip-flop ke logika 1, sedangkan keadaan reset (S = 0, R = 1) mengatur flip-flop ke logika 0. Keadaan ketika keduanya adalah 0 dilarang (undefined).

Simbol:

2. D Flip-Flop (Data Flip-Flop):

Prinsip Kerja: D flip-flop memiliki dua input utama: D (Data) dan Clock (C atau CLK). Keadaan input D diambil dan disimpan pada tepi naik (rising edge) atau tepi turun (falling edge) dari sinyal clock.

Simbol:

3. T Flip-Flop (Toggle Flip-Flop):

Prinsip Kerja: T flip-flop memiliki dua input utama: T (Toggle) dan Clock (C atau CLK). Setiap kali sinyal clock naik, keadaan output akan toggle (berbalik) jika T = 1, dan tetap sama jika T = 0.

Simbol:

4. T Flip-Flop (Toggle Flip-Flop):

Prinsip Kerja: T flip-flop memiliki dua input utama: T (Toggle) dan Clock (C atau CLK). Setiap kali sinyal clock naik, keadaan output akan toggle (berbalik) jika T = 1, dan tetap sama jika T = 0.

Simbol:

    Setiap jenis flip-flop memiliki karakteristik dan aplikasi yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan desain sirkuit digital. Mereka membentuk dasar dari register penyimpanan data, penghitung, dan elemen memori lainnya dalam perangkat digital.

    Nahhh . . untuk kali ini kita akan bahas SR Flip - Flop, ini adalah rangkaian flip - flop paling dasar. Lets Gooo...

ini dia skemanya :


    skema tersebut adalah skema rangkaian flip - flop, nahh .. dari skema tersebut bisa kita lihat gerbang logikanya, itulah sedikitnya tentang data digital, yaitu berawal dari gerbang logika. Untuk merangkai rangkaian tersebut kita butuh :

1. Breadboard

2.  LED ( 2 Biji )

3. Baterai 2xAA ( 3 Volt / 2,4 volt ) ( 2 Biji ) 

4. Kapasitor 100 uF ( 2 Biji )

5. Resistor 100 Ohm ( 2 biji )

6. Resistor 10 K ( 2 Biji )

7. Kabel jumper ( secukupnya )


Langkah - langkah merakit Flip - Flop :
1. Pertama, kita taruh LED, dan Resistor 100 Ohm, dan dijumper sisi negatif baterai (-), seperti di gambar di bawah ini.
Perhatikan polaritas LED, yang kaki panjang adalah kutub positif, sementara yang kaki pendek adalah kutub negatif.

Seperti gambar diatas, kita bisa tes dengan menyalakan LED, jika LED menyala maka bisa dipastikan semuanya normal, tapi jika LED rusak maka kalian bisa cek kabel polaritas atau kabel jumper, kalian juga bisa cek resistor, kalian juga bisa cek LED, jika ada salah satu yang rusak maka LED tidak akan menyala.

2. Kedua, lepas kabel jumper dan pasang transistor C9013 seperti gambar di bawah ini.


Pasang kaki emitor tersambung dengan kabel polaritas negatif, pasang kaki colector dengan resistor, dan sambungkan kaki pendek LED ke resistor, dan biarkan kaki panjang LED ke kutub positif.

3. Ketiga, memasang resistor 10 K untuk kaki negatif LED dan kaki basis, nahh jika langkah2 yang barusan sudah selesai kita lanjut ke langkah berikutnya yuukkk... langkah berikutnya sama seperti sebelumnya karena ini rangkaian flip - flop dasar



4. Langkah yang ke empat adalah mengulang langkah2 sebelumnya




5. Ke lima adalah memasang kapasitor, nah aku bahas sedikit fungsi kapasitor di sini apa ya gaess, emmm... gunanya adalah untuk grounding sekaligus menyetabilkan arus dan tegangan di transistor agar tidak putus, sebenarnya sihh transistornya ya nggak putus juga sih kalau elconya nggak ada, karena pake baterai tegangan rendah kan, arusnya juga arus DC kan, ya paling cuma short dikit lah dan nggak nyala LEDnya, makanya tuh dikasih elco.


6. yang terakhir memasang kabel jumper dari kaki basis transistor, kaki negatis elco, dua utas kabel, seperti gambar di bawah ini




Selesailah kita membuat rangkaian flip - flop






Post a Comment

Previous Post Next Post