Osilasi dalam Teknik Elektronika

 Osilasi dalam Teknik Elektronika

  Osilasi adalah sebuah nilai pengukuran dalam bidang fisika, osilasi mempunyai nilai dan pemvisualisasian seperti pada osiloskop, osilasi sering disamakan dengan vibrasi, tapi vibrasi di sini berarti getaran dalam jenis spesifik osilasi yaitu getaran mekanik.

    Osilasi dalam bidang elektronika merujuk pada gerakan bolak-balik periodik dari sinyal atau gelombang. Osilator elektronik adalah suatu rangkaian elektronika yang dapat menghasilkan sinyal osilasi, yang umumnya berupa gelombang sinusoidal atau gelombang kotak.

    Salah satu contoh osilator yang paling umum adalah osilator LC (induktansi-kapasitansi), yang menggunakan komponen induktor dan kapasitor untuk menghasilkan osilasi. Osilator ini memiliki suatu loop umpan balik yang memungkinkan energi berosilasi antara induktor dan kapasitor.

Rumus dasar untuk frekuensi (f) dari osilasi pada osilator LC dapat dinyatakan sebagai berikut:

=12

dengan:

  • adalah frekuensi osilasi dalam hertz (Hz),
  • adalah konstanta pi (sekitar 3.14159),
  • adalah induktansi dalam henry (H),
  • adalah kapasitansi dalam farad (F).

    Selain itu, terdapat banyak jenis osilator lainnya, seperti osilator Colpitts, osilator Hartley, dan osilator kristal, yang masing-masing memiliki karakteristik dan rumus frekuensi sendiri.

    Osilator juga dapat diwakili oleh fungsi matematis seperti sin(2) untuk osilator sinusoidal atau sgn(sin(2)) untuk osilator gelombang kotak, di mana adalah frekuensi osilasi. Fungsi-fungsi ini memberikan gambaran matematis tentang perubahan nilai sinyal terhadap waktu pada osilator.

Berikut ini adalah osiloskop, yaitu alat untuk melihat osilasi :




Post a Comment

Previous Post Next Post