Servis TV Goldstar

Servis TV Goldstar

    Selamat malam teman - teman, kali ini kita bahas Servis TV Goldstar yuk.. . . Servis yang aku maksud di sini itu kayak ganti transistor atau TR, ganti dioda zener, sampai solder ulang blok rangkaian regulator.

    Nanti di bagian akhir aku kasih tau bocoran soal komponen optocoupler, yaudahlah daripada nganggur atau penasaran ayo masuk ke topik utamanya.

    Kita awali dengan membahas Regulator, regulator TV Goldstar terletak pada pojokan dengan garis tepi putih - putih dimana garis patah - patah itu mengindikasikan tegangan tinggi.

    Untuk membahas Servis di TV Goldstar, kita akan mulai dari melepas flyback dan grounding tegangan layar TV Tabung dengan avo agar kita tidak tersengat listrik saat menservis, langsung saja dengan diagnosa, kerusakan TV Goldstar jika layar mati secara vertikal maka yang rusak adalah TR ( Transistor ) Horizontal di bagian Regulator, langsung saja kita ganti gaes dengan TR yang baru, tak lupa juga kita tambahkan resolder baru di kaki - kaki komponen Regulator biar hasil servisan thn lama.

    Yuppss.. kita sudah sampai di pembahsan terakhir, sekarang kita akan bahas optocoupler, ya .. optocoupler adalah komponen untuk kopling listrik ke tegangan dengan frekuensi tertentu, untuk mennyuplai tegangan dari regulator ke mainboard dengan tujuan fungsi tertentu, jika optocoupler dilepas maka mainboard akan rusak.



    Pada kerusakan tertentu bisa saja yang tusak adalah dioda zenernya dengan rangkaian regulator, untuk diagnosa cari saja komponen yang didiagnosa sering rusak atau komponen yang mudah rusak.

Post a Comment

Previous Post Next Post